PkM Dosen dan Mahasiswa Prodi BSA STIABI dalam Bentuk Workshop Peningkatan Kompetensi Bahasa Arab Aktif

2023-02-23 | 680 | Berita

      Pondok pesantren Al-Amin merupakan salah satu pondok pesantren yang sekarang sedang merintis dalam penggunaan bahasa Arab. 


     Kabarnya, dahulu kala pesantren ini sempat menegakkan bahasa Arab dengan baik dan benar selama keberadaan salah satu ustadzah ponpes Al amin ini yang mahir dalam bahasa Arab.Namun, setelah ustadzah tersebut pindah dan tidak ada di lingkungan Al amin, pondok ini kembali redup dalam penggunaan bahasa Arab nya. 
     

   Setelah beberapa tahun kemudian, ada salah satu pengurus ponpes Al amin yang merupakan dosen di kampus STIABI Riyadul Ulum. Dari sinilah terbentuk pemikiran dan ide baru untuk menggerakkan dan menghidupkan bahasa Arab kembali di ponpes Al amin dengan bekerja sama antara keduanya dalam acara PkM Dosen dan Mahasiswa Prodi BSA STIABI dalam Bentuk Workshop Peningkatan Kompetensi Bahasa Arab Aktif.


     Turut hadir dalam pembukaan workshop tersebut Ketua STIABI Riyadlul `Ulum Ust. Mohammad Ridwan, M.Pd dan Ketua Prodi BSA Ust. Agus Riyadi, M.Pd, Ketua LPM Dr. H. Dadang Yudistira, M.Pd sekaligus sebagai Konsultan Al Amin. Mengawali acara ini yaitu dengan penandatanganan MoA antara kedua belah pihak sebagai implementasi kerjasama yang telah disepakati.
Dalam acara workshop tersebut Dosen memberikan materi mengenai bahasa Arab kepada siswa di ponpes Al Amin kemudian mahasiswa STIABI ikut serta dalam membantu meningkatkan bahasa Arab di Al Amin dengan cara mengajari mereka bahasa Arab di kelas melalui praktek langsung.


     Workshop ini terdiri dari tiga sesi yang dimulai dengan pemaparan teori oleh para dosen dan dilanjutkan dengan praktek yang dibantu oleh fasilitator atau asisten dosen. Materi yang diberikan seputar 4 keterampilan berbahasa Arab aktif mulai dari istima`, Kalam, Qira`ah sampai kitabah.


     Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir dan siswa Ponpes Al Amin pun sangat antusias mengikuti proses pengajaran bahasa Arab ini dan diantara mereka bisa berbahasa Arab aktif didepan teman teman nya. Wallahu A`lam (Intan NA)