STIABI Riyadul ‘Ulum Lahirkan Lulusan Perdana Program Sarjana 2023

2023-07-24 | 1608 | Berita

 

TASIKMALAYA- Didirikan pada tahun 2019, Alhamdulillah pada hari Rabu (05/07) STIABI Riyadul ‘Ulum telah melahirkan 72 alumni dengan dilaksanakannya Wisuda STIABI Riyadul ‘Ulum Angkatan Ke-I  Program Sarjana 2023. Dari dua program studi yaitu Sejarah Peradaban Islam dan Bahasa dan Sastra Arab.

Setelah prosesi wisuda dilaksanakan, untuk membekali para mahasiwa terakhir kalinya, disampaikan rangkaian sambutan yang diawali oleh Ustadz Muhammad Ridwan, S.Pd.I., M.Pd. selaku Ketua STIABI Riyadul ‘Ulum, sambutan perwakilan mahasiswa Dea Aulia Hani, S.Hum., sambutan dari wakil wali mahasiswa Bapak Saepul Ulum, S.Pd.I., sambutan dari walikota Tasikmalaya Dr. Cheka Virgowansyah, S.STP., M.E., pidato ilmiah dari Dr. H. Ramdani Wahyu Sururie, M.Ag., M.Si., dan ditutup dengan sambutan dari Pondok Pesantren Condong KH. Diding Darul Falah.

Pada rangkaian acara ini, ditampilkan pula kisah perjalanan para mahasiswa STIABI Riyadul ‘Ulum dalam bentuk video karya para mahasiswa. Video tersebut menceritakan perjalanan mereka selaku mahasiswa, mahasantri, dan pengabidan. Mereka harus belajar, mengaji, menanggung amanat sebagai walikelas dan walikamar untuk membimbing para santri dan amanat di sektor bagian masing-masing.

“Membentuk ulama yang intelek, bukan intelek yang mengerti agama. Tujuan didirikan STIABI Riyadul ‘Ulum mengembalikan calon-calon ulama yang bisa berkiprah secara menyeluruh di masyarakat. Selain penguatan secara kognitif, untuk mewujudkan lulusan berdaya saing yang kuat bermental baja dan kematangan profesional. Maka para mahasiswa dibekali softskill berupa kepemimpinan manajerial, dan kemandirian, sebagai bekal saat mengabdi di masyarakat kelak.” Tutur Ustadz Muhammad Ridwan, S.Pd.I., M.Pd. selaku ketua STAIBI Riyadul ‘Ulum dalam sambutannya.

Acara pun berlangsung begitu khidmat dan penuh haru saat diumumkan mahasisiswa inspiratif yaitu Annisa Naufal, S.Hum. yang tetap berjuang menyelesaikan studinya di tengah keluarganya yang diterpa beberapa cobaan, namun ia mampu menuntaskannya. Selain itu, adapula apresiasi bagi mahasiswa lainnya. Berikut apresiasi bagi para wisudaan terbaik STIABI Riyadlul ‘Ulum Program Sarjana 2023:

  • Kategori Mahasiswa IPK Tertinggi (3.81)

  Neng Fitria, S.Hum. binti Abdul Wahab

  • Katerogri Mahasiswa Teraktif Bidang Akademik (Kajian Pesantren)

  Silfa Azizy, S.Hum. binti Unu Mujahidin

  • Katerogri Mahasiswa Teraktif Bidang Non-Akademik

  Neng Fitria S.Hum. binti Abdul Wahab

  • Kategori Skripsi Terbaik

  Silfa Azizy, S.Hum. binti Unu Mujahidin (Prodi Sejarah Peradaban Islam)

  Samsul Bahri, S.Hum. bin Iing Solihin (Prodi Bahasa dan Sastra Arab)

  • Kategori Mahasiswa Inspiratif

  Annisa Naufal, S.Hum.

“Untuk para wisudawan dan wisudawati yang hari ini resmi menjadi lulusan STIABI Riyadul ‘Ulum angkatan perdana, jadilah mercusuar-mercusuar yang dapat menebarkan manfaat ilmu yang kalian dapat di khalayak masyarakat. Semoga di kemudian hari kami mendapat cerita keeberhasilan dari kalian semua yang membanggakan.” Pesan KH. Diding Darul Falah menutup rangkaian sambutan.[]