PROFIL PRODI BAHASA & SASTRA ARAB
A. Visi Prodi
Menjadikan Program Studi BSA sebagai Pusat Unggulan (Centre of Excellent) berbasis Culture and Heritage Pesantren dalam bidang Bahasa dan Sastra Arab
B. Misi Prodi
Untuk mencapai visi yang diharapkan, Program Studi BSA menjalankan misi, adalah sebagai berikut:
a. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada kebutuhan dan pengembangan Bahasa dan Sastra Arab untuk menghasilkan lulusan dengan kualitas tinggi.
b. Melaksanakan dan menghasilkan kegiatan penelitian dan pengembangan terkait bidang Bahasa dan Sastra Arab yang mempunyai kontribusi pada kemajuan umat
c. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang diarahkan pada pemecahan masalah-masalah yang berkaitan dengan Bahasa dan Sastra Arab
d. Melaksanakan kerjasama dengan lembaga-lembaga yang berorientasi pada pengembangan bidang Bahasa dan Sastra Arab di tingkat regional, nasional dan internasional
C. Profil Lulusan Prodi
Program Studi BSA melahirkan sarjana muslim dengan kualifikasi sebagai berikut:
a. Memiliki Akhlaqul Karimah (prophetic spirit and character)
b. Mampu menjadi sarjana humaniora berbasis pesantren dengan kemampuan mengajar yang baik (real teacher)
c. Memiliki kemampuan berkomunikasi (communicator) dengan baik
d. Memiliki wawasan keilmuan dan kepribadian sebagai Sastrawan/ti dalam bidang Bahasa & Sastra Arab secara profesional.
e. Menguasai ilmu pengetahuan di bidang Bahasa dan Sastra Arab, baik teoritis, metodologis maupun aplikatif.
f. Memiliki kemampuan untuk melakukan kajian ilmiah melalui penelitian, pengamatan dan eksperimen kebahasaan/Linguistik (reseacher)
g. Menghasilkan temuan (invention, discovery) berupa skripsi atau teori, metodologi serta pola pengembangan ilmiah baru, melalui penelitian ilmiah di dalam disiplin ilmu pendidikan bahasa dan sastra Arab.
h. Memiliki profesionalisme untuk bekerja sebagai sastrawan/ti, peneliti, diploma, staff kemenlu, penerjemah, pengembang dan konsultan di bidang bahasa dan sastra Arab, baik di dalam maupun di luar negeri.
i. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan bahan ajar, strategi, media, dan evaluasi tentang kesusasteraan.
j. Memiliki wawasan yang luas (international oriented)
k. Memiliki jiwa pembelajar (life-long learner)
l. Memiliki semangat dan jiwa perubahan (agent of change)
m. Mampu menjadi penyebar ilmu (educator)
D. Standar Kompetensi Lulusan Prodi BSA
a. Capaian Utama : Ilmuan Bahasa, Sastra dan Budaya Arab.
Deskripsi :
1. Memiliki kompetensi profesional sebagai ilmuan, penulis, dan peneliti bahasa, sastra & budaya arab
2. Memiliki kompetensi keilmuan dalam bidang bahasa, sastra dan budaya arab
3. Memiliki kompetensi komunikatif bahasa arab tingkat lanjut.
b. Capaian Tambahan : Praktisi/ Pelaku Usaha berbasis keahlian bahasa arab.
Deskripsi : Memiliki kompetensi pada salah satu bidang usaha jasa berikut:
1. Penerjemahan Arab-Indonesia dan sebaliknya/ Penerjemah Tersumpah
2. Kaligrafi Arab
3. Tekhnologi Informasi dan Komunikasi Arab
4. Gaide Pariwisata
5. Guru/Fasilitator dalam pembelajaran bahasa dan sastra arab
6. Bahasa Indonesia Penutur Arab (BIPAR)
7. Diplomasi luar negeri/ antar negara
c. Indikator CPL Prodi
1. Mampu berkomunikasi lisan dalam bahasa Arab dengan penutur asli; memahami siaran radio dan televisi berbahasa arab; membaca koran, majalah, jurnal, karya sastra dan buku berbahasa arab dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan agama; menulis surat resmi, artikel dan karya ilmiah berbahasa arab.
2. Mampu mengenali, mengidentifikasi, mengklasifikasi dan menganalisis fenomena kebahasaan, kesastraan dan kebudayaan arab serta mengemukakan gagasan secara lisan maupun tulisan.
3. Mampu mengerjakan pekerjaan sebagai penulis, peeliti, penerjemah dan pekerjaan lain sesuai dengan keahliannya secara professional, dalam arti mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan memecahkan masalah yang dihadapi, serta mampu memuktakhirkan pengetahuan dan keterampilannya sesuai dengan tuntutan zaman.
E. Capaian Pembelajaran Lulusan/ CPL
Rumusan capaian pembelajaran lulusan dapat diambil langsung atau dikembangkan sesuai rumusan yang ditetapkan AP-BSA:
ASPEK |
PROFIL LULUSAN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
Kemampuan Afektif (Sikap) dan Tata Nilai |
a. Memiliki Akhlaqul Karimah (prophetic spirit and character) b. Memiliki kemampuan berkomunikasi (communicator) dengan baik c. Memiliki wawasan yang luas (international oriented) d. Memiliki jiwa pembelajar (life-long learner) e. Memiliki semangat dan jiwa perubahan (agent of change) f. Mampu menjadi penyebar ilmu (educator)
|
a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religious. (S1)
|
Kemampuan Kognitif |
a. Menguasai ilmu pengetahuan di bidang Bahasa dan Sastra Arab, baik teoritis, metodologis maupun aplikatif. b. Memiliki kemampuan untuk melakukan kajian ilmiah melalui penelitian, pengamatan dan eksperimen kebahasaan/Linguistik. |
a. Mampu menguasai ilmu linguistic dan cabang-cabangnya. b. Mampu menjelaskan teori ilmu aswath. c. Mampu mengidentifikasi ragam bahasa jurnalistik d. Mampu menjelaskan filologi, semantik, pragmatic, semiotic dan yang sejenisnya. e. Mampu menguasai ilmu balaghah dan memahami kaidah-kaidah penggunaannya. f. Mampu mengidentifikasi dan menguasai teori puisi dan prosa arab g. Mampu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis arab dengan baik secara teoritis maupun praktis
i. Mampu mengungkapkan percakapan bahasa arab dengan istilah dan kosa kata yang benar. |
Kemampuan Keterampilan Umum |
a. Menghasilkan temuan (invention, discovery) berupa skripsi atau teori, metodologi serta pola pengembangan ilmiah baru, melalui penelitian ilmiah di dalam disiplin ilmu pendidikan bahasa dan sastra Arab. b. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan bahan ajar, strategi, media, dan evaluasi tentang kesusasteraan. |
b. Mampu memahami ilmu secara filosofis c. Mampu menguasai metodologi yang digunakan dalam penelitian d. Mampu mempertahankan argument penelitian e. Mampu membuat skripsi dengan baik f. Mampu memahami pendidikan pancasila dan tata Negara g. Mampu berbicara dan menulis menggunakan bahasa Indonesia dengan baik |
Kemampuan Keterampilan Khusus |
a. Memiliki wawasan keilmuan dan kepribadian sebagai Sastrawan/ti dalam bidang Bahasa & Sastra Arab secara profesional. b. Mampu menjadi sarjana humaniora berbasis pesantren dengan kemampuan mengajar yang baik (real teacher) |
a. Mampu mengidentifikasi dasar-dasar teori sastra b. Mampu mengetahui letak geografis dan sejarah kesusasteraan arab c. Mampu melakukan kajian ilmiah melalui penelitian, pengamatan dan eksperimen kebahasaan/Linguistik. d. Mampu mengidentifikasi teori ilmu urud e. Mampu mengkritisi teks sastra f. Mampu menganalisis keagungan dan mu’jizat al-Qur’an g. Mampu menganalisis filsafat, teks sastra didalam al-qur’an h. Mampu mengklasifikasikan kosa kata dalam kamus sederhana |
Kemampuan Keterampilan Tambahan |
a. Mahasiswa memiliki profesionalisme untuk bekerja sebagai sastrawan/ti, peneliti, diploma, staff kemenlu, penerjemah, pengembang dan konsultan di bidang bahasa dan sastra Arab, baik di dalam maupun di luar negeri. |
a. Mampu menjadi penerjemah b. Mampu menjadi diplomat c. Mampu menjadi gaid pariwisata d. Mampu menjadi guru atau pengajar bahasa e. Mampu mengembangkan bahan ajar, strategi, media, dan evaluasi tentang kesusasteraan |
A. Keunggulan
a. Program Studi ini menempatkan Islamic Worldview sebagai landasan dalam kajian keislaman*)
b. Bahasa pengantar untuk kuliah adalah Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia, termasuk untuk makalah dan presentasi mahasiswa. Sementara tugas akhir (skripsi) wajib menggunakan bahasa Arab.
c. Untuk mendukung tercapainya program secara efektif dan efesien, mahasiswa wajib tinggal di pondok. Ada fasilitas asrama yang dilengkapi dengan berbagai sarana sehingga cukup kondusif untuk belajar dan mengembangkan keilmuan.
d. Pemberian kesempatan untuk mengajar materi bahasa atau sastra Arab di kelas khusus (Kelas Bahasa).
*) Secara sederhana bisa dimengerti sebagai pandangan hidup yang diproyeksikan oleh wahyu dan dikembangkan oleh pemikiran para ulama otoritatif di bidangnya masing-masing, sehingga membentuk apa yang disebut dengan conceptual network.
B. Struktur Kurikulum Prodi BSA
STRUKTUR KURIKULUM PER-KOMPETENSI
PRODI BAHASA & SASTRA ARAB
STIABI RIYADUL `ULUM TASIKMALAYA
Tahun Akademik 2020-2021/1441-1442
Bidang/Kompetensi |
Mata kuliah |
SKS |
|||
A. |
UTAMA; KOMPETENSI BAHASA ARAB (50%) |
||||
1 |
Kebahasaan |
Ilmu Lughah `Am (Linguistik Umum) |
2 |
||
2 |
|
Ilmu Lughah Ijtima`i (Sosiolinguistik) |
2 |
||
3 |
|
Ilmu Lughah Al-Nafsi (Psikolinguistik) |
2 |
||
4 |
|
Ilmu Aswat (Fonologi & Morfologi) |
2 |
||
5 |
|
Fiqhu Lughah (Filologi) |
2 |
||
6 |
|
Semiotika |
2 |
||
7 |
|
Ragam Bahasa Jurnalistik |
2 |
||
8 |
|
Pragmatik |
3 |
||
9 |
|
Semantik |
3 |
||
Jumlah SKS/Kompetensi |
20 |
||||
1 |
Kesastraan |
Balaghah Bayan |
2 |
||
2 |
|
Balaghah Ma`ani |
2 |
||
3 |
|
Balaghah Badi` |
2 |
||
4 |
|
Asy-Syi`rul Adaby |
2 |
||
5 |
|
An-Natsr Al-`Aroby |
2 |
||
Jumlah SKS/Kompetensi |
10 |
||||
1 |
Kebudayaan |
Ilmu Budaya Dasar |
2 |
||
2 |
|
Teori-Teori kebudayaan |
2 |
||
3 |
|
Tarikh Hadharah |
2 |
||
Jumlah SKS/Kompetensi |
6 |
||||
1 |
Maharot Lughowiyyah |
Maharoh Kalam Muyassaroh (Teori) |
3 |
||
2 |
|
Maharoh Qiro`ah Muyassaroh (Teori) |
3 |
||
3 |
|
Maharoh Istima` Muyassaroh (Teori) |
3 |
||
4 |
|
Maharoh Kitabah Muyassaroh (Teori Qowaidul Imla) |
3 |
||
5 |
|
Maharoh Kalam Mutaqoddimah (Teori & Praktek) |
3 |
||
6 |
|
Maharoh Qiro`ah Mutaqoddimah (Teori & Praktek) |
3 |
||
7 |
|
Maharoh Istima` Mutaqoddimah (Teori & Praktek) |
3 |
||
8 |
|
Maharoh Kitabah Mutaqoddimah (Tahrir Kitabi) |
3 |
||
9 |
|
Arobiyyah Liaghrodin Khashash |
3 |
||
10 |
|
Ta`bir `Araby |
3 |
||
11 |
|
Mufradat wal Uslub (Stilistika) |
2 |
||
Jumlah SKS/Kompetensi |
32 |
||||
B. |
UTAMA; KOMPETENSI PROFESIONAL (25%) |
||||
1 |
Dasar-dasar Analisis Sastra |
Teori Sastra |
2 |
||
2 |
|
Geografis Dunia Islam dan Arab |
2 |
||
3 |
|
Pengantar Tarikh Adab |
3 |
||
4 |
|
Tarikh Adab Klasik - Modern |
3 |
||
Jumlah SKS/Kompetensi |
10 |
||||
1 |
Analisis Sastra |
Kritik Sastra Arab |
2 |
||
2 |
|
Ilmu `Urud wal Qowafi |
2 |
||
3 |
|
An-Nushus Al-Adabiyyah Fil Qur`an |
2 |
||
4 |
|
Filsafat Bahasa |
2 |
||
5 |
|
Nahwu (Nadzhory wa tatbiqi) |
2 |
||
6 |
|
Leksikologi |
2 |
||
7 |
|
Leksikografi |
2 |
||
8 |
|
I`jaz Al-Qur`an |
2 |
||
Jumlah SKS/Kompetensi |
16 |
||||
1 |
Penelitian dan Skripsi |
Metodologi penelitian Bahasa |
2 |
||
2 |
|
Metodologi penelitian Sastra |
2 |
||
3 |
|
SPS |
2 |
||
4 |
|
KKN |
2 |
||
5 |
|
Skripsi |
6 |
||
Jumlah SKS/Kompetensi |
14 |
||||
C. |
PENDUKUNG; NASIONALISME (6%) |
||||
1 |
Nasionalisme |
Worldview Islam (PAI) |
2 |
||
|
|
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
||
2 |
|
Bhs Indonesia |
2 |
||
3 |
|
Pend Pancasila |
2 |
||
Jumlah SKS/Kompetensi |
8 |
||||
D. |
PENDUKUNG; KEILMUAN (3%) |
|
|||
1 |
Keilmuwan |
Bahasa Inggris |
2 |
||
2 |
|
Filsafat Umum |
2 |
||
3 |
|
Filsafat Ilmu |
2 |
||
Jumlah SKS/Kompetensi |
6 |
||||
E. |
PENCIRI; PROFESI TAMBAHAN (8%) |
|
|||
1 |
Profesi Tambahan/Peminatan |
Teori Ilmu Tarjamah |
2 |
||
2 |
|
Tarjamah Arab-Indonesia |
2 |
||
3 |
|
Ilmu Diplomasi / Ilmu Pariwisata |
2 |
||
4 |
|
Qowaid Khot / Kewirausahaan |
2 |
||
5 |
|
Teori2 Pembelajaran / Metodologi Pengajaran Bahasa Arab |
2 |
||
6 |
|
Media Pembelajaran Bahasa / Evaluasi Hasil Belajar |
2 |
||
Jumlah SKS/Kompetensi |
12 |
||||
F. |
INSTITUSIONAL (8%) |
|
|||
1 |
Institusional (7%) |
Ulumul Qur`an |
2 |
||
2 |
|
Ulumul Hadits |
2 |
||
3 |
|
Fiqih |
2 |
||
4 |
|
Aqidah Akhlak |
2 |
||
5 |
|
Ilmu Tasawuf |
2 |
||
Jumlah SKS/Kompetensi |
10 |
||||
|
|
|
144 |
STRUKTUR KURIKULUM PER-DOSEN PENGAMPU
PRODI BAHASA & SASTRA ARAB
STIABI RIYADUL `ULUM TASIKMALAYA
Tahun Akademik 2020-2021/1441-1442
Semester 1 |
|
|
|
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
Nama Dosen |
1 |
MKU.001 |
Pend. Pancasila |
Dr. Dadang Yudistira, M.Pd. |
2 |
MKU.002 |
Bahasa Indonesia |
Ami Abdullah Fahmi, M.Pd. |
3 |
MKU.005 |
Worldview Islam (PSI) |
Agus Riyadi, S.Pd.I, M.Pd. |
4 |
MKP.001 |
‘Ulumul Qur`an |
Mohamad Ridwan, M.Pd |
5 |
BSA1.001 |
Maharatul Kalam Muyassarah |
Emas Masruroh, S.Pd.I, M.Pd. |
6 |
BSA1.002 |
Maharatul Qira`ah Muyassarah |
Faiz Azhari, M.Pd. |
7 |
BSA1.003 |
Maharatul Istima` Muyassarah |
Yulianti Hasani, M.Pd.I |
8 |
BSA1.004 |
Tarikh Hadharah Arabiyah |
H. Anggi Maulana Rizki, M.A. |
|
|
|
|
Semester 2 |
|
|
|
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
Nama Dosen |
1 |
MKU.003 |
Bahasa Inggris |
M. Syahrul Zaki R, M.A.Ed. |
2 |
MKU.004 |
Ilmu Budaya Dasar |
Dr. Agus Mulyana,M.Hum |
3 |
MKU.006 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
Dr. Dadang Yudistira, M.Pd. |
4 |
MKP.002 |
Ulumul Hadits |
Mohamad Ridwan, M.Pd |
5 |
BSA2.005 |
Filsafat Umum |
Budi Syihabuddin, S.Th.I, M.Pd |
6 |
BSA2.006 |
Arabiyah Liaghradin Khashah |
Agus Riyadi, S.Pd.I, M.Pd. |
7 |
BSA2.007 |
Maharatul Istima` Mutaqaddimah |
Yulianti Hasani, M.Pd.I |
8 |
BSA2.008 |
Maharatul Kalam Mutaqaddimah |
Emas Masruroh, S.Pd.I, M.Pd. |
9 |
BSA2.009 |
Maharatul Qira`ah Mutaqaddimah |
Faiz Azhari, M.Pd. |
|
|
|
|
Semester 3 |
|
|
|
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
Nama Dosen |
1 |
MKP.003 |
Fiqih Wa Ushulihi |
Mohamad Ridwan, M.Pd |
2 |
BSA3.010 |
Filsafat Ilmu |
Budi Syihabuddin, S.Th.I, M.Pd. |
3 |
BSA3.011 |
Maharatul Kitabah Muyassarah |
Rahmat Mulya Nugraha, M.Pd |
4 |
BSA3.012 |
Ta`bir Arabiy |
Agus Riyadi, S.Pd.I, M.Pd. |
5 |
BSA3.013 |
Teori Ilmu Tarjamah |
Nurrohman, M.Pd. |
6 |
BSA3.014 |
Ilmu Lughah Al-`Am (Linguistik Umum) |
Emas Masruroh, S.Pd.I, M.Pd. |
7 |
BSA3.015 |
Balaghah Bayan |
Titim Siti Fatimah, M.Pd.I |
8 |
BSA3.016 |
Pragmatik |
Faiz Azhari, M.Pd. |
9 |
BSA4.017 |
Ragam Bahasa Jurnalistik |
Yassin Farid, M.Pd. |
|
|
|
|
Semester 4 |
|
|
|
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
Nama Dosen |
1 |
MKF.001 |
Teori-Teori Kebudayaan |
Dr. Agus Mulyana, M.Hum. |
2 |
BSA.P.018 |
Teori2 Pembelajaran / Metodologi Pengajaran Bahasa Arab |
Rahmat Mulya, M.Pd./Yassin |
3 |
BSA.P.019 |
Ilmu Diplomasi / Ilmu Pariwisata |
H. Anggi Maulana Rizki, M.A. |
4 |
MKP.004 |
Aqidah Akhlak |
Mohamad Ridwan, M.Pd |
5 |
BSA4.020 |
Filsafat Bahasa |
M. Syahrul Zaki, MA.Ed. |
6 |
BSA4.021 |
al-Syi`ru al-Adabiy |
Yulianti Hasani, M.Pd.I |
7 |
BSA4.022 |
Tarjamah Arab & Indonesia |
H. Nurrohman, M.Pd. |
8 |
BSA4.023 |
Pengantar Tarikh Adab |
Agus Riyadi, S.Pd.I, M.Pd. |
9 |
BSA4.024 |
Teori Sastra |
Emas Masruroh,S.Pd.I, M.Pd. |
10 |
BSA4.025 |
Balaghah Ma`ani |
Titim Siti Fatimah, M.Pd.I |
|
|
|
|
Semester 5 |
|
|
|
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
Nama Dosen |
1 |
BSA.P.026 |
Thuruq Tadris Lughah / Kewirausahaan |
Yassin/ Joni A Mughni, M.E.Sy |
2 |
MKP.005 |
Ilmu Tasawuf |
TIM |
3 |
BSA5.027 |
At Tahrir al Kitabi / Qowaidul Imla |
Rahmat Mulya Nugraha, M.Pd. |
4 |
BSA5.028 |
Metodologi Penelitian Bahasa |
Agus Riyadi, S.Pd.I, M.Pd. |
5 |
BSA5.029 |
An Natsr Al Arabiy |
Yulianti Hasani, M.Pd.I |
6 |
BSA5.030 |
Ilmu Lughah al-Ijtimai (Sosiolinguistik) |
M. Syahrul Zaki, MA.Ed. |
7 |
BSA5.031 |
Balaghah Badi` |
Titim Siti Fatimah, M.Pd.I |
8 |
BSA5.032 |
Tarikh Adab Klasik-Modern |
H. Nurrohman, S.Pd.I, M.Pd. |
9 |
BSA5.033 |
Fiqhu al-Lughah (Teori Filologi) |
Faiz Azhari, M.Pd. |
|
|
|
|
Semester 6 |
|
|
|
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
Nama Dosen |
1 |
BSA.P.034 |
Media Pembelajaran Bahasa / Evaluasi Hasil Belajar |
Yassin Farid, M.Pd. |
2 |
BSA6.035 |
Nahwu Nadzhari wa Tathbiqi |
Agus Riyadi, S.Pd.I, M.Pd. |
3 |
BSA6.036 |
Metodologi Penelitian Sastra |
Agus Riyadi, S.Pd.I, M.Pd. |
4 |
BSA6.037 |
Ilmu Lughah al-Nafsi (Psikolinguistik) |
M. Syahrul Zaki R., M.A.Ed. |
5 |
BSA6.038 |
An Nushush Al Adabiyah |
|
6 |
BSA6.039 |
Ilm `Urud wal Qowafi |
Titim Siti Fatimah, M.Pd.I |
7 |
BSA6.040 |
Leksikologi |
Emas Masruroh, M.Pd. |
8 |
BSA6.041 |
Semantik |
Yulianti Hasani, M.Pd.I |
9 |
BSA6.042 |
Geografis Dunia Arab |
H. Anggi Maulana Rizki, M.A. |
10 |
BSA6.043 |
Semiotika |
Faiz Azhari, M.Pd. |
|
|
|
|
Semester 7 |
|
|
|
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
Nama Dosen |
1 |
BSA5.044 |
Ilmu Aswat (Fonologi & Morfologi) |
H. Nurrohman, M.Pd. |
2 |
BSA7.045 |
I`jaz Qur`an |
|
3 |
BSA7.046 |
Kritik Sastra Arab |
Titim Siti Fatimah, M.Pd.I |
4 |
BSA7.047 |
Leksikografi |
Emas Masruroh, M.Pd. |
5 |
BSA7.048 |
Mufradat wal Uslub (Stilistika) |
Agus Riyadi, M.Pd. |
6 |
BSA7.049 |
KKN |
LPPM |
7 |
BSA7.050 |
SPS (Waktu Fleksibel) |
Ka.Prodi |
|
|
|
|
Semester 8 |
|
|
|
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
Nama Dosen |
1 |
BSA8.051 |
Skripsi |
Dosen Pembimbing |
MUATAN KURIKULUM INTI
PRODI BAHASA & SASTRA ARAB
STIABI RIYADUL `ULUM TASIKMALAYA
Tahun Akademik 2020-2021 / 1441-1442
NO. |
STANDAR CAPAIAN KOMPETENSI LULUSAN |
MATAKULIAH |
PRAKTIKUM |
||||||||||||||||||
1 |
Kebahasaan Mahasiswa mampu menguasai ilmu pengetahuan di bidang Bahasa dan Sastra Arab (kebahasaan), baik teoritis, metodologis maupun aplikatif.
a. Mampu menguasai ilmu linguistic dan cabang-cabangnya. b. Mampu menjelaskan teori ilmu aswath. c. Mampu mengidentifikasi ragam bahasa jurnalistik d. Mampu menjelaskan filologi, semantik, pragmatic, semiotic dan yang sejenisnya. |
1. Ilmu Lughah `Am (Linguistik Umum) 2. Ilmu Lughah Ijtima`i (Sosiolinguistik) 3. Ilmu Lughah Al-Nafsi (Psikolinguistik) 4. Ilmu Aswat (Fonologi & Morfologi) 5. Fiqhu Lughah (Filologi) 6. Semiotika 7. Ragam Bahasa Jurnalistik 8. Pragmatik 9. Semantik |
|
||||||||||||||||||
2 |
Kesastraan Mahasiswa mampu memiliki wawasan keilmuan dan kepribadian sebagai Sastrawan/ti dalam bidang Bahasa & Sastra Arab secara profesional.
a. Mampu menguasai ilmu balaghah dan memahami kaidah-kaidah penggunaannya. b. Mampu mengidentifikasi dan menguasai teori puisi dan prosa arab
|
1. Balaghah Bayan 2. Balaghah Ma`ani 3. Balaghah Badi` 4. Asy-Syi`rul Adaby 5. An-Natsr Al-`Aroby |
|
||||||||||||||||||
3 |
Kebudayaan Mahasiswa mampu menguasai teori-teori ilmu kebudayaan dan peradaban secara mendetai dan mendemontrasikannya dengan baik. a. Menguasai teori-teori ilmu budaya b. Menguasai sejarah peradaban islam
|
1. Ilmu Budaya Dasar 2. Teori-Teori kebudayaan 3. Tarikh Hadharah |
|
||||||||||||||||||
4 |
Maharat Lughawiyyah Mahasiswa mampu menguasai dan mempunyai keterampilan berbahasa sesuai dengan teori-teori yang ada dan mendemontrasikannya dengan baik.
a. Mampu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis arab dengan baik secara teoritis maupun praktis
c. Mampu mengungkapkan percakapan bahasa arab dengan istilah dan kosa kata yang benar. |
1. Maharoh Kalam Muyassaroh (Teori) 2. Maharoh Qiro`ah Muyassaroh (Teori) 3. Maharoh Istima` Muyassaroh (Teori) 4. Maharoh Kitabah Muyassaroh (Teori Qowaidul Imla) 5. Maharoh Kitabah Mutaqoddimah (Tahrir Kitabi) 6. Arabiyyah Liaghrodin Khashash 7. Ta`bir `Araby 8. Mufradat wal Uslub (Stilistika) |
1. Maharoh Kalam Mutaqoddimah (Teori & Praktek) 2. Maharoh Qiro`ah Mutaqoddimah (Teori & Praktek) 3. Maharoh Istima` Mutaqoddimah (Teori & Praktek) |
||||||||||||||||||
5 |
Dasar-dasar Analisis Sastra Mahasiswa mampu menguasai teori-teori analisis sastra arab dan mendemontrasikannya dengan baik.
a. Mampu mengidentifikasi dasar-dasar teori sastra b. Mampu mengetahui letak geografis dan sejarah kesusasteraan arab |
1. Teori Sastra 2. Geografis Dunia Islam dan Arab 3. Pengantar Tarikh Adab 4. Tarikh Adab Klasik – Modern |
|
||||||||||||||||||
6 |
Analisis Sastra Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta mengkritisi teks sastra arab dan mendemontrasikannya dengan baik.
a. Mampu melakukan kajian ilmiah melalui penelitian, pengamatan dan eksperimen kebahasaan/Linguistik. b. Mampu mengidentifikasi teori ilmu urud c. Mampu mengkritisi teks sastra d. Mampu menganalisis keagungan dan mu’jizat al-Qur’an e. Mampu menganalisis filsafat, teks sastra didalam al-qur’an f. Mampu mengklasifikasikan kosa kata dalam kamus sederhana
Prodi
Bahasa dan Sastra Arab
Sejarah Peradaban Islam Dosen Dan Karyawan Baca juga
|